Rokok Elektrik Dikenakan Tarif Cukai Besar

by
Rokok Elektrik

Rokok Elektrik dikenakan cukai yang cukup besar, yaitu 57 persen. Dibandingkan dengan rokok biasa atau bukan elektronik, hanya dikenakan cukai 10 persen. Agus Wibisono, kepala seksi tarif cukai dan dasar II Ditjen Bea Cukai mengatakan, pemerintah meraih pendapatan cukup besar dari cukai Rokok Elektrik. Pendapatan tersebut sebesar Rp105 miliar di tahun 2018.

Agus sangat berharap, bisa mendapatkan cukai lebih besar lagi dari Rokok Elektrik ini. Sebenarnya, penerapan tarif ini sifatnya dinamis karena setiap tahunnya bea cukai akan melakukan pengujian. Kepala seksi tarif cukai ini juga mengatakan, “Pungutan cukai adalah pungutan dari barang-barang yang memiliki dampak.”

BACA JUGA: RUMAH SUBSIDI 2019! INILAH SYARAT & LOKASINYA

Liquid yang digunakan untuk Rokok Elektrik sudah dilegalkan pada tahun 2018. Karena liquid itu sendiri merupakan bentuk lain dari tembakau, maka dari itu, sekarang sudah dilegalkan oleh pemerintah. Menjamurnya pengguna produk elektronik ini tentunya memiliki pengaruh bagi masyarakat, maka akhirnya membuat pemerintah mengambil pungutan cukai dari produk ini.

ROKOK ELEKTRIK MAKIN MARAK

Perkembangan teknologi saat ini memang tak bisa dihindari. Maka dari itu, pemerintah mengharuskan membuat kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan perkembangan teknologi ini. Karena saat ini, Rokok Elektrik sudah sangat marak digunakan oleh masyarakat. Bahkan, kebanyakan penggunanya lebih nyaman ketika menggunakan produk elektronik itu dibandingkan dengan rokok yang berbahan dasar tembakau.

Maka dari itu, pemerintah pun sangat memikirkan hal tersebut dalam mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang lebih baik ke depannya. Pelegalan dan pengenaan tarif cukai pada Rokok Elektrik memang sangat diperlukan agar penggunanya juga lebih nyaman ketika menggunakannya.

BACA JUGA: LISTRIK GRATIS UNTUK WARGA

Pengenaan tarif yang cukup besar memang sangat sebanding dengan produksi Rokok yang makin digemari kaum milenial tersebut. Maka dari itu, pemerintah sangat berharap pendapatan dari produk ini akan bertambah lagi menjadi lebih besar. Tentunya pemerintah juga cukup memahami perkembangan teknologi yang semakin maju ke depannya. Terlebih jika melihat perkembangan di era milenial ini.

Semoga dengan pungutan tarif cukai untuk Rokok Elektrik ini, akan terus memberikan keuntungan yang bermanfaat. Terlebih lagi jika dinamikanya terus meningkat seiring dengan pengujian yang diberlakukan setiap tahunnya oleh bea cukai. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.