GLOBALBUSINESS.ID, Jakarta – PT. Jasa Raharja sebagai perusahaan yang memberikan perlindungan terhadap penumpang kapal laut memiliki kepentingan tinggi terhadap akurasi data kapal maupun penumpang yang beroperasi baik di sungai, perairan maupun di laut. Di latar belakangi hal tersebut, Kepala Unit Operasional PT Jasa Raharja Cabang Kepulauan Riau, Toif Riyanto, S.Pt, MM melakukan giat Customer Relationship Management (CRM) ke operator-operator kapal laut di pelabuhan-pelabuhan wilayah Batam.
Kegiatan ini dimaksudkan untuk memastikan perlindungan asuransi penumpang kapal laut yang naik ke kapal dibandingkan dengan data manifest penumpang yang tercatat. Selain itu juga giat CRM ini untuk memonitor keadaan penumpang kapal laut pada masa pandemi.
Toif Riyanto memberikan penjelasan bahwa iuran wajib kapal laut merupakan salah satu sumber pembiayaan santunan kecelakaan yang diperoleh dari setoran operator kapal laut ke PT. Jasa Raharja.
Jumlah setoran Iuran Wajib tersebut didasarkan pada jumlah kapal dan penumpang kapal yang tercatat pada manifest pelayaran, sehingga kesesuaian data menjadi penting untuk kepastian perlindungan penumpang oleh Jasa Raharja.[]