Multiplying Success Through Collaboration: “Asuransi Asei & Jasindo Berkomitmen Terus Perkuat Sinergi Bisnis”

by
Asei

GLOBALBUSINESS – PT Asuransi Asei Indonesia (Asuransi Asei) berhasil melesatkan kinerja yang positif di tahun 2019 lalu. Tahun ini, perusahaan yang kini dinahkodai oleh Erickson Mangunsong sebagai PLH Direktur Utama ini sangat optimis bahwa Asuransi Asei akan melanjutkan tren kinerja positif dengan mencetak kinerja yang jauh lebih gemilang di tahun 2020.

Seperti diketahui pada tahun lalu kinerja Asuransi Asei menunjukkan hasil usaha yang baik dengan membukukan laba sebesar Rp10.5 miliar atau lebih tinggi dibanding torehan laba pada tahun 2018 yang hanya sebesar Rp3,6 miliar. Sementara dari sisi perolehan premi pada tahun 2019 Asuransi Asei berhasil menghimpun premi sebesar Rp395.4 miliar atau lebih tinggi dari produksi premi tahun 2018 yang hanya sebesar Rp358,3 miliar.

Erickson yang juga menjabat sebagai Director of Technical and Marketing ini mengaku jika kinerja yang berhasil dibangun dengan baik tersebut tidak terlepas dari peran internal yang solid serta peran eksternal dalam hal ini sinergi yang dibangun perusahaan dengan mitra strategis.

Oleh karenanya untuk mendorong kinerja agar lebih baik, lanjut Erickson, perusahaan perlu melakukan sejumlah pendekatan intensif dengan mitra strategis. Salah satunya sinergi yang telah lama dibangun dengan perusahaan pelat merah PT Asuransi Jasa Indonesia (Persero) atau Jasindo.

Kerjasama bersama Jasindo, jelas Erickson, memberikan dampak yang sangat baik terhadap kinerja perusahaan masing-masing. Dimana Asuransi Asei dan Jasindo saling melengkapi satu dengan yang lainnya dengan produk-produk asuransi yang dimiliki.

“Asuransi Asei sangat membutuhkan Jasindo sebagai business partner di BUMN. Sinergi yang kami lakukan dengan Jasindo bukan kali pertama, tetapi kerjasama ini sudah kita bangun sejak lama dan tentu saling bermanfaat positif bagi kedua belah pihak,” ujar Erickson dalam acara yang digelar Asuransi Asei bertema Multiplying Success Through Collaboration di Ritz Carlton Hotel Mega Kuningan Jakarta (6/03).

Lebih lanjut Erickson mengatakan secara angka kerjasama dengan Jasindo di tahun 2019 tercatat perolehan premi kerjasama mencapai 53%. Artinya terjadi peningkatan bagi Asuransi Asei dalam catatan perolehan premi.

“Jadi tahun ini kami ingin lebih dekat dengan Jasindo sesuai dengan tema gathering kami yaitu Multiplying Success Through Collaboration dengan harapan akan ada improvement lain yang mana Asuransi Asei bisa berkontribusi juga untuk Jasindo dengan beberpa produk unggulan kami,” papar Erickson.

Kerjasama yang telah berjalan selama ini khususnya di lini Produk Asuransi Umum, diharapkan Asuransi Asei dan Jasindo dapat meningkatkan kerjasama yang saling menguntungkan pada 16 Kantor Cabang Asuransi Asei dan Kantor Cabang Jasindo di seluruh wilayah Indonesia. Kerjasama diberbagai lini produk yang menjadi potensi bersama Jasindo dan Asei sehingga menjadi potensi yang layak untuk mendapatkan perhatian lebih dari pelaku bisnis Asuransi, khususnya dalam semangat sinergi BUMN.

Dengan dilaksanakannya pertemuan tersebut diharapkan dapat semakin mempererat hubungan dan meningkatkan secara signifikan pertumbuhan bisnis di kedua perusahaan, dan dapat memberikan menghadirkan layanan terbaik bagi Nasabah kedua belah pihak.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Direktur Utama Jasindo, Didit Mehta Pariadi mengatakan bahwa siapa pun bisa menjadi mitra strategis Jasindo, namun bagi perseroan, Asuransi Asei dan holding-nya Indonesia re merupakan mitra Jasindo yang paling penting.

Lebih lanjut Didit mengatakan bahwa hubungan dengan Asuransi Asei yang sudah panjang tersebut, tentunya ke depannya ingin terus memperbesar capaian (kinerja), bukan seperti jumlah yang sebelum-sebelumnya. Karena saat ini, jelas Didit, banyak sekali project-project yang mengharuskan Jasindo agar berkonsorsium dengan perusahaan Asuransi.

“Dan Asuransi Asei tentunya ada dalam daftar terdepan sebagai salah satu mitra utama kami. Tetapi tentunya semua disesuaikan dengan kapasitas masing-masing,” ujar Didit.

Seperti diketahui bahwa Asuransi Asei merupakan anggota dari Berne Union dan Aman Union untuk mendukung layanan di produk Asuransi Perdagangan/ Asuransi Ekspor yaitu :

– Export Credit Insurance (ECI) Asuransi yang memberikan ganti rugi kepada Eksportir terhadap kemungkinan kerugian akibat tidak diterimanya sebagian atau seluruh pelunasan pembayaran dari Importir/ Buyer yang disebabkan oleh risiko komersial dan politik.

– Domestic Credit Insurance (DCI) Asuransi yang memberikan ganti rugi kepada Penjual terhadap kemungkinan kerugian akibat tidak diterimanya sebagian atau seluruh pelunasan pembayaran dari Pembeli yang disebabkan oleh risiko komersial (gagal bayar dan aspek likuiditas). []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.