, , , , , , , , , , , , , , , , ,

Kinerja Investasi Asuransi Jiwa Masih Lesu

by
Investasi Asuransi

Awal triwulan III tahun 2018 kinerja investasi asuransi jiwa masih jauh dari kata positif. Namun demikian masih terjadi perbaikan apabila dibandingkan akhir triwulan II/2018.

Pada periode Juli 2018, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memiliki catatan buruk dimana inevastasi asuransi jiwa mencapai minus Rp3.52 triliun. Tetapi catatan tersebut mengalami perbaikan dibanding bulan Juni yang minus mencapai Rp7.5 triliun.

Namun apabila dibandingkan oleh periode yang sama di tahun 2017, kinerja investasi di sektor industri ini masih belum bergairah. Hal ini disebabkan karena catatan investasi yang diperoleh mampu menembus Rp18 triliun.

Menurut Ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), Hendrisman Rahim, kondisi pasar modal yang belum membaik khususnya instrument berbasis ekuitas sangat mempengaruhi buruknya performa asuransi jiwa.

“Sedangkan sejumlah instrumen tersebut menjadi langganan tempat berinvestasi dari para pelaku usaha. Akhirnya kinerja investasi pun merosot,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa cepat atau lambat kondisi ini pasti akan pulih dan investasi akan menunjukan perbaikan yang signifikan. Terlebih beberapa instrumen investasi memberikan peningkatan imbal dibanding tahun lalu.

“Misal dari tren peningkatan bunga deposito seiring langkah bank sentral yang menaikan bunga acuan. Melihat tren tersebut kami sangat optimis nilai investasi akab meningkat,” tutupnya. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.