IsDB Dukung Pendirian Ekosistem Nasional

by
IsDB

IsDB (Islamic Development Bank) mendorong negara-negara berkembang untuk bekerja sama mendirikan ekosistem nasional untuk memperkuat kerjasama Selatan-Selatan (KSS).

Presiden IsDB Bandar Hajjar menilai pengembangan ekosistem nasional melalui kerja sama triangular akan menjadi pencapaian besar dalam memperkuat negara berkembang untuk mencapai Agenda Pembangunan 2030.

Menurut dia, ekosistem nasional untuk KSS harus didasarkan kondisi, prioritas sosial dan ekonomi, dan strategi pembangunan nasional. IsDB memandang pembangunan ekonomi secara holisitik dan melihat kemitraan sebagaimana tercantum dalam President’s 5-Year Programme (P5P) IsDB sebagai wahana untuk mengatasi tantangan-tantangan pembangunan di negara-negara Selatan.

Bandar Hajjar mengungkapkan BAPA+40 adalah kesempatan bagi IsDB dan para mitra untuk mewujudkan ekosistem nasional yang akan merekatkan hubungan kerja sama antar negara-negara berkembang.

“Ini yang telah kami kerjakan setidaknya selama 40 tahun terakhir. IsDB akan menyumbangkan kapasitasnya, menggunakan strategi sains, teknologi dan inovasi yang terbaik demi berkembangnya ekosistem nasional untuk KSS secara cepat,” ujarnya dalam keterangan tertulis.

Dengan meningkatkan kemitraan dengan negara-negara Selatan, IsDB Group berupaya untuk membawa 28 juta anak kembali ke sekolah pada 2030. Melalui KSS, pihaknya juga telah meluncurkan generasi kedua dari Alliance to Fight Avoidable Blindness (AFAB).

“Inisiatif ini akan menggelar 1,5 juta operasi katarak di 13 negara Afrika di selama periode 2018-2022,” sambungnya.

Sebagai salah satu prioritas dalam President’s 5-Year Programme (P5P) IsDB, pengembangan ekosistem nasional untuk KSS akan berkontribusi besar dalam mengembangkan value-chain lintas wilayah.

IsDB BERI DUKUNGAN PENUH

Bambang Brodjonegoro, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional menyampaikan, pihaknya merasa perlu memperkuat KSS untuk meningkatkan hubungan antar bangsa. Area seperti pembangunan anak muda, olahraga dan budaya harus menjadi bagian dari KSS yang lebih komprehensif.

“IsDB adalah satu-satunya institusi keuangan global yang anggotanya berasal dari negara-negara Selatan. Dengan karakteristik ini, IsDB dapat mendorong percepatan perkembangan KSS,” ucapnya.

Utusan Khusus PBB untuk KSS, Jorge Chediek, mengatakan pihaknya mendorong negara-negara anggota dan lembaga-lembaga pembangunan untuk mereplikasi mekanisme Reverse Linkage yang diprakarsai Islamic Development Bank.

Ia menekankan pentingnya pertukaran pengetahuhan dan pendirian lembaga-lembaga terkait untuk menindaklanjuti.

IsDB SEBAGAI PELOPOR

Ekosistem nasional dalam perspektif IsDB harus dibangun atas pilar-pilar yang kuat yang meliputi sejumlah hal. Antara lain, kemauan politik dari level pemerintahan tertinggi, dan pengembangan strategi nasional yang membantu pemerintah mengidentifikasi area-area prioritas maupun kesenjangan dan kebutuhan-kebutuhan terkait pembangunan.

Selain itu, pendirian badan nasional untuk KSS dan Triangular yang dapat memfasilitasi koordinasi pemangku kepentingan nasional dan kerjasama dengan negara-negara berkembang lain.

Selanjutnya, membangun basis-basis informasi mengenai prakarsa KSS dan Triangular nasional dan sumber daya yang tersedia dapat membantu suatu negara memiliki basis data yang komprehensif untuk mengembangkan aktivitas-aktivitas KKS dan Triangular.

Para pelaku KSS dan Triangluar yang saling berhubungan dapat bertukar pandangan dan perspektif untuk berkoordinasi dan menyelaraskan aktivitas-aktivitas mereka.

Terakhir, membentuk mekanisme keuangan di level nasional dan membangun pengelolaan kinerja untuk prakarsa-prakarsa tersebut.

Sebagai informasi, IsDB merupakan bank pembangunan multilateral yang beroperasi lebih dari 40 tahun untuk meningkatkan taraf hidup anggotanya dengan memberikan dampak positif yang luas. Terdapat 57 negara anggota di empat benua, memberi dampak pada 1 orang dari 5 orang dari seluruh populasi dunia. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.