Holding BUMN Asuransi, Semakin Memperkuat Positioning Asuransi Asei

by
Asuransi Asei

Menurut Plt Direktur Utama PT Asuransi Asei Indonesia, Riduan Simanjuntak, tahun 2019 Asuransi Asei secara strategi bisnisnya akan lebih memperkuat portofolio bisnis di sektor asuransi keuangan yang berkaitan dengan kredit perbankan dan kredit perdagangan. Walaupun sampai saat ini asuransi umum masih berimbang dengan asuransi keuangan untuk menopang.

Asuransi Asei semakin memantapkan diri sebagai perusahaan dengan core kompetensinya yaitu sebagai asuransi keuangan. Di tengah sejumlah tantangan yang ada, Asuransi Asei menatap positif outlook bisnis tahun 2019 dengan berbagai strategi bisnis yang siap diimplementasikan, terlebih dengan rencana holding BUMN di sektor Asuransi yang diyakini akan semakin membuat positioning Asuransi Asei semakin kuat.
pendapatan premi Asuransi Asei.

“Kita tidak mungkin switching portofolio begitu saja, tetapi kita harapkan asuransi keuangan ke depan akan berlari lebih kencang melebihi asuransi umum,” ujar Riduan.

Lebih lanjut Riduan mengatakan jika saat ini komposisi prosentase bisnis Asuransi Asei adalah asuransi umum sebesar 50 persen dan asuransi keuangan sebesar 50 persen. Namun secara kinerja, imbuh Riduan, asuransi keuangan yang relatif memiliki pertumbuhan yang sangat baik dibandingkan asuransi umum.

Untuk mendorong portofolio bisnis di sektor asuransi keuangan, berbagai strategi yang akan dilakukan oleh Asuransi Asei di tahun depan antara lain yaitu melakukan pengembangan produk unggulan di sektor asuransi keuangan melalui sinergi yang dibangun dengan lembaga keuangan bank dan non bank, khususnya untuk produk asuransi kredit konsumer, kredit modal kerja dan kredit investasi. Selain itu, pengembangan produk juga dilakukan terhadap bisnis Medium Long Term (MLT) Credit Insurance untuk menggarap proyek-proyek infrastruktur di Indonesia maupun di luar negeri termasuk kerjasama dengan Export Credit Agency (ECA) negara-negara lain.

Strategi lainnya yang akan di dorong Asuransi Asei sebagai pemain di sektor bisnis asuransi keuangan adalah melakukan bundling product serta melakukan otomatisasi proses bisnis perusahaan berbasis teknologi yang terintegrasi.

“Kami berharap dengan berbagai strategi yang akan dibangun tersebut maka kinerja Asuransi Asei di tahun 2019 dapat tercapai dan mampu tumbuh di atas rata-rata industri nasional,” pungkas Riduan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.