Holding BUMN, Asuransi Asei Makin Kuat

by
Holding BUMN

Holding BUMN saat ini terus berproses di seluruh sektor bisnis perusahaan pelat merah.
Seperti diketahui bahwa Kementerian BUMN tengah fokus mewujudkan terciptanya holding perusahan-perusahaan BUMN, agar BUMN bisa semakin mandiri dan mampu berdaya saing pada level global.

Salah satu yang masih dalam proses holdingisasi adalah pada sektror asuransi. Menurut Direktur Utama Asuransi Asei Indonesia Eko Supriyanto Hadi, rencana holding asuransi akan menjadi langkah strategis menghadapi tantangan penjaminan dan asuransi dalam beberapa tahun ke depan.

Bukan hanya memperkuat sisi permodalan saja, imbuh Eko, holding BUMN asuransi akan semakin memetakan pangsa pasar masing-masing anggota holding. Asuransi Asei yang memiliki core kompetensi pada bisnis asuransi keuangan, maka akan didorong menjadi market leader pada sektor tersebut.

“Jadi untuk urusan asuransi keuangan memang Asuransi Asei yang paling berdaya saing dibanding anggota lainnya. Karena masing-masing anggota holding tentunya punya captive market yang berbeda, dan itu yang didorong,” jelas Eko.

Dengan terbentuknya holding BUMN, tegas Eko. bukan berarti memonopoli pasar. Karena masing-masing anggota holding segmen pasarnya sudah terbentuk dan tidak akan terjadi persaingan.

“Tidak akan terjadi persaingan karena saling mencaplok pasar, yang ada justru sinergi yang saling menguntungkan,” ungkap Eko.

Terkait penguatan strukturisasi pemodalan, menurut Eko, PT Jasa Raharja sebagai champions-nya juga sudah menyiapkan dana untuk Asuransi Asei sebagai anggota holding agar ke depannya bergerak lebih leluasa menyasar pasar asuransi keuangan baik di dalam maupun luar negeri.

Lebih lanjut Eko mengatakan jika dirinya sangat berkeyakinan dalam waktu 3 tahun ke depan, Asuransi Asei akan memperoleh premi lebih dari Rp1 triliun dengan raihan laba bersih bukan hanya dua digit bahkan bisa mencapai tiga digit.

“Semua sangat-sangat memungkinkan jika melihat potensi dan rencana bisnis perusahaan ke depan,” ujar Eko. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.