Dulu Merugi, Kini Perum PPD Jadi BUMN Profitable

by
Perum PPD

Perum PPD Sudah menutup lembaran suram kinerjanya di masa lalu. Kinerja keuangan dan operasional BUMN ini sempat masuk dalam zona merah. Bahkan Menteri BUMN pada waktu itu (Dahlan Iskan-red) sempat menjuluki perusahaan ini seperti mayat hidup.

Namun perlahan tapi pasti, kini Perum PPD semakin percaya diri dalam menapaki bisnisnya. Transformasi bisnis yang dibangun membuahkan hasil positif dengan menorehkan kinerja operasional dan keuangan yang jauh lebih baik.

Adalah Putu Pande Yasa, sosok dibalik keberhasilan transformasi Perum PPD saat ini. Di bawah kepemimpinannya, perusahaan ini tumbuh menjadi perusahaan pelat merah yang mampu menciptakan profit.

“Dulu kami merugi hingga miliaran dan kini kami punya profit,” ujarnya.

Di masa lalu Perum PPD sudah terbiasa dengan yang namanya kerugian bahkan mencapai miliaran. Namun pada tahun 2013 dianggap sebagai tonggak kebangkitan perusahaan, dimana pada tahun itu Perum PPD sudah mencetak laba meskipun masih sangat kecil untuk size perusahaa BUMN yang hanya sebesar Rp158 juta.

Baca Juga: Efisiensi Menggunakan Transportasi Publik

Ditahun-tahun selanjutnya laba perusahaan terus mengalami kenaikan pertumbuhan yang berkelanjutan. Sebut saja pada tahun 2014, 2015, 2016 dan 2017 dimana laba bersih masing-masing tercatat sebesar Rp280juta, Rp2,19 miliar, Rp3,38 miliar dan Rp18,52 miliar.

Menurutnya kinerja keuangan yang baik tersebut tentunya didukung dengan kinerja operasional yang baik pula. Pria asal Bali tersebut mengatakan jika dukungan 1.000 unit Bus membuat bisnis perusahaan kembali bergairah.

“Dari total 1.000 bus yang diperasikan, sejumlah 495 armada beroperasi pada 34 rute transbusway melalui kontrak dengan PT TransJakarta. Selebihnya kami juga mengoperasikan bus TransJakarta Premium, JR Connexion dan JA Connexion, yang melayani publik dari permukiman dan pusat perbelanjaan ke lokasi lain, termasuk Bandara Soekarno-Hatta,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengaku jika operasional Perum PPD didukung penuh oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

Sementara itu, Kepala BPTJ Bambang Prihartono, menilai kinerja Perum PPD dari tahun ke tahun terus menunjukkan keberhasilan. Ia mengatakan hal ini tidak terlepas dari transformasi yang dibangun oleh manajemen.

“Harus diakui bahwa terjadi lompatan sejarah atas meningkatnya performa dan kinerja Perum PPD,” tutup Bambang. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.